Izin Lingkungan

IZIN LINGKUNGAN | AMDAL, UKL-UPL & SPPL

Ada 2 (dua) dokumen utama terkait izin lingkungan yang harus dilengkapi bila akan ataupun sudah melakukan usaha di Indonesia, yaitu dokumen Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) serta dokumen Upaya Pengelolaan Lingkungan dan Upaya Pemantauan Lingkungan (UKL-UPL). Selain izin AMDAL serta izin UKL-UPL, ada satu lagi yakni Surat Pernyataan Kesanggupan Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan Hidup (SPPL), berlaku untuk usaha jenis UKM. PT Omazaki Envirokal Prakarsa, melalui unit bisnisnya Omazaki Enviro, juga melayani jasa konsultasi studi pengurusan izin AMDAL, izin UKL-UPL, sekaligus membantu pebisnis UKM mendapatkan SPPL.

Pasal 36 ayat (1) sampai dengan (4) Undang Undang Nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (UUPPLH) menyebutkan bahwa “(1) Setiap usaha dan/atau kegiatan wajib memiliki AMDAL atau UKL-UPL wajib memiliki izin lingkungan. (2) Izin lingkungan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diterbitkan berdasarkan keputusan kelayakan lingkungan hidup sebagaimana dimaksud dalam Pasal 31 atau rekomendasi UKL-UPL. (3) Izin lingkungan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib mencantumkan persyaratan yang dimuat dalam keputusan kelayakan lingkungan hidup atau rekomendasi UKL-UPL. (4) Izin lingkungan diterbitkan oleh Menteri, gubernur, ataupun bupati/walikota sesuai dengan kewenangannya.”

Sedangkan jenis rencana usaha ataupun kegiatan yang wajib memiliki izin AMDAL dijelaskan pada Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 05 tahun 2012.

———————————————

Jasa Konsultan Studi AMDAL, UKL-UPL & SPPL

Omazaki Enviro menyediakan layanan jasa studi serta penyusunan dokumen-dokumen terkait izin lingkungan sebagai berikut:

  • Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL)
  • Upaya Pengelolaan Lingkungan dan Upaya Pemantauan Lingkungan (UKL-UPL)
  • Surat Pernyataan Kesanggupan Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan Hidup (SPPL)

———————————————

AMDAL

Berdasarkan Pasal 1 Undang-undang Nomer 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, analisis mengenai dampak lingkungan hidup (AMDAL) adalah kajian mengenai dampak penting suatu usaha dan/atau kegiatan yang direncanakan pada lingkungan hidup di mana hal itu diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan usaha.

Hasil studi AMDAL berupa dokumen persyaratan izin AMDAL terdiri dari 3 (tiga) jenis dokumen, yaitu:

  • Dokumen Kerangka Acuan (KA),
  • Dokumen Analisis Dampak Lingkungan Hidup (ANDAL),
  • Dokumen Rencana Pengelolaan Lingkungan Hidup (RKL) serta Rencana Pemantauan Lingkungan Hidup (RPL)

Definisi dokumen dalam studi AMDAL:

  • Kerangka Acuan (KA) adalah ruang lingkup studi analisis dampak lingkungan hidup yang merupakan hasil pelingkupan
  • ANDAL adalah telaahan secara cermat dan mendalam tentang dampak penting suatu rencana usaha dan/atau Kegiatan
  • RKL adalah upaya penanganan dampak terhadap lingkungan hidup yang ditimbulkan akibat dari rencana Usaha
  • RPL adalah upaya pemantauan komponen lingkungan yang terkena dampak akibat dari rencana Usaha

Kesemua dokumen terkait studi maupun pengurusan izin lingkungan hidup tersebut akan disiapkan oleh Omazaki Enviro.

———————————————

UKL-UPL

Upaya Pengelolaan Lingkungan dan Upaya Pemantauan Lingkungan disingkat UKL-UPL. Kewajiban izin lingkungan ini diberlakukan bagi kegiatan yang tidak diwajibkan menyusun izin AMDAL di mana dampak kegiatan mudah dikelola dengan ketersediaan teknologi.

UKL-UPL adalah pengelolaan dan pemantauan terhadap usaha di mana tidak berdampak penting terhadap lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan usaha.

Jasa pembuatan dokumen izin UKL-UPL ini juga harus mengacu pada Peraturan Gubernur atau Peraturan Bupati atau Peraturan Walikota di mana lokasi usaha berlangsung.

———————————————

SPPL

Kewajiban SPPL diberlakukan bagi kegiatan yang tidak diwajibkan mengurus izin lingkungan seperti izin AMDAL maupun izin UKL-UPL.

Pasal (1) Peraturan Menteri Lingkungan Hidup menyebutkan “Surat Pernyataan Kesanggupan Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan Hidup, selanjutnya disebut SPPL, adalah pernyataan kesanggupan dari penanggung jawab usaha dan/atau kegiatan untuk melakukan pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup atas dampak lingkungan hidup dari usaha dan/atau kegiatannya di luar Usaha dan/atau kegiatan yang wajib izin AMDAL ataupun izin UKL-UPL”.

Surat Pernyataan Kesanggupan Pengelolaan Lingkungan (SPPL) adalah Dokumen Lingkungan Hidup (DLH) berupa surat pernyataan kesanggupan pelaku usaha untuk mengelola serta memantau dampak lingkungan hidup dari kegiatan usahanya. SPPL merupakan jenis dokumen lingkungan hidup (DLH) paling sederhana serta paling sesuai bagi pelaku UKM pada umumnya.

———————————————

Scroll to Top